Friday, July 11, 2014

Indonesia Beragam Hadir di Kotamu

Deklarasi Indonesia Beragam dengan 10 Agenda Politik Perempuan juga dilakukan di berbagai kota. Tujuannya adalah untuk menyamakan langgam gerakan perempuan sehingga 10 Agenda Politik Perempuan bisa menjadi agenda bersama gerakan perempuan dimanapun berada. Indonesia Beragam memberikan dukungan pendanaan dan berupa alat-alat kampanye untuk jaringan di kota-kota lainnya. Pada bulan Maret, ada 28 kota yang melaunching 10 Agenda Politik Perempuan diantaranya adalah Denpasar, Makasar, Bandung, Padang, Batam, Jember, Blitar, Jambi, NTT, Pekan Baru, Jayapura, Jailolo (Maluku Utara), Sumba Tengah, Aceh, Cirebon, Maros, Tangerang Kota, Purwokerto, Pasuruan, Manokwari, Tanjung Pinang (Kep. Riau), Sumbawa, Bogor, Malang dengan berbagai bentuk kegiatan yang berbeda.

Launching di Padang
33 caleg perempuan yang terlibat pada kegiatan kita hadir dalam acara launching 10 agenda politik perempuan Indonesia Beragam pada tanggal 23 Maret 2014. Mereka dari partai PKB, Demokrat, PDIP, Hanura, Nasdem,Gerindra, PKPI, PBB, PPP, PAN, Golkar, PKS. Acara yang dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai perwakilan organisasi ditujukan untuk memperkuat perspektif perempuan di Padang terhadap 10 Agenda Politik Perempuan, dan juga membuka komitmen politik partai untuk menyepakati dan menjadikan 10 Agenda Politik Perempuan sebagai acuan untuk mengambil kebijakan.

Acara ini diliput oleh berbagai media diantaranya adalah Padang TV, Metro TV, RCTI, Antara TV, Padang Ekspres, Harian Haluan, Antara Sumbar, Info Sumbar, Rakyat Sumbar, Klik Positif.com, beberapa radio di Padang serta beberapa media on line. Di bawah ini beberapa liputan media yang dapat ditemukan secara online.

Launching Indonesia Beragam di NTB
NTB lebih tepatnya di Lombok Timur juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan Deklarasi Indonesia Beragam.  Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 7 Maret 2014, pukul 10.00-10.15 di Radio Selaparang TV.  Acaranya dalam bentuk talk show, yang dihadiri oleh perwakilan NGO seperti LPSDM, ADBMI, Gema Alam, juga dihadiri oleh perwakilan dari PMII dengan membacakan deklarasi 10 Agenda Politik Perempuan.  Kegiatan ini disiarkan selama 3 hari berturut-turut dan pada hari pertama ditayangkan sebanyak 3 kali selanjutnya 1 kali.  Selain itu acara yang sama juga dilakukan di Radio Kacanta pada hari yang sama, pukul 11.30-11.50.  Kegiatan ini ditayangkan selama 3 hari berturut-turut dan pada hari pertama ditayangkan sebanyak 5 kali dan selanjutnya 2 kali.  Acara ini juga dimeriahkan dengan bekerjasama dengan Radio Komunitas Gema Alam lembaga yang konsern pada isu pemberdayaan masyarakat pinggir hutan.   Kegiatan ini dilaksanakan selama  hari dengan segmen pendengar adalah komunitas akar rumput pinggir hutan. 

Launching Indonesia Beragam di Makassar
Kegiatan Indonesia Beragam yang dilakukan di Kota Makassar dihadiri oleh 500 orang terdiri dari Komunitas akar rumput, NGO, Pemerintah Kota Makassar, Walikota terpilih Danny Pomanto, caleg terpilih DPR RI dari Partai Demokrat, caleg terpilih Partai Nasdem Sulsel dan Parpol Nasdem, PDIP serta Partai Demokrat.  Kegiatan ini dilaksanakan di pantai Losari, pada tanggal 7 Maret 2014, pada pukul 07.00 pagi.  Acara dilepas oleh Wali Kota Bapak Ilham dan didampingi oleh Walikota terpilih Acara itu juga dihadiri oleh Kepala Pemberdayaan Perempuan Kota Makassar.  Sedangkan 2 caleg perempuan yang berhasil lolos adalah untuk DPR RI yaitu Ibu Aliyah Mustika dari Partai Demokrat dan untuk DPRD adalah Ibu Rahmatila Dewi dari Partai Nasdem

Launching Indonesia Beragam Maros Sulawesi Selatan
Berikut saya share informasi dan dokumentasi foto mengenai Kampanye Indonesia Beragam yang kami lakukan di Kabupaten Maros yang inisiasi antara YKPM Sulsel - Lembaga Pemberdayaan Perempuan MAUPE - Jaringan Perempuan Maros (JPM) dan Sekolah Politik Perempuan Maros (SPPM).  Pada hari Sabtu 8 Maret 2014 bertepatan dengan Hari Perempuan International, Kabupaten Maros mendeklarasikan Agenda Politik Indonesia Beragam.  Kegiatan ini dihadiri oleh 2 orang caleg Perempuan yang memiliki komitmen terhadap perjuangan perempuan yakni Ibu Agusnawati (Koordinator JPM-mantan (di-PAW tahun 2014 dari PDK pindah ke Golkar) anggota parlemen perempuan Maros dan Kaukus Parlemen Perempuan Maros) dan Mardiah caleg perempuan yang berasal dari komunitas perempuan desa (Auditor Komunitas Desa Majannang untuk program Audit Gender Berbasis Komunitas kerja sama YKPM SS dan Institut KAPAL Perempuan, Koordinator Suara Perempuan Majannang dan siswa Sekolah Politik Perempuan Maros). Meskipun dalam suasana hujan kampanye ini dihadiri oleh para siswa SPPM dan anggota JPM serta beberapa aktivis Makassar dan Maros (Komaruddin-COMMIT, Imran-mantan Ketua Dewan Daerah WALHI Sulsel dan mantan Ketua KPU Maros 2 periode dan Rusman Anno-YKPM Sulsel). Deklarasi diawali dengan memberikan penjelasan mengenai sejarah lahirnya Hari Perempuan Internasional dan penjelasan mengenai INDONESIA BERAGAM dan 10 Agenda Politik Perempuan oleh Rusman Anno kemudian pembacaan naskah deklarasi oleh Ibu Agusnawati yang didengarkan dengan khidmat oleh peserta deklarasi.

Selain itu, perlu kami informasikan bahwa pada Hari Rabu 12 Maret 2014 pada saat Penandatanganan MOU Program Gender Watch (MAMPU) yang diikuti dengan dialog bersama Wakil Bupati Pangkep dan Ketua DPRD Pangkep, mbak Missiyah dari Institut KAPAL Perempuan juga  menyampaikan mengenai kampanye Indonesia Beragam yang sedang dilakukan di Seluruh Indonesia.

Launching Indonesia Beragam di Kupang NTT
Kegiatan di Kupang, NTT acara Indonesia Beragam diadakan dari tanggal 6-18 Maret 2014.  Kegiatannya diintegrasikan dalam bermacam-macam kegiatan seperti, 1. RAT Koperasi Kredit Perempuan, melakukan diskusi kritis tentang “Perempuan dan Politik” dengan narasumber adalah Mery Kolimon. Dengan peserta 100 orang (perwakilan dari wilayah kabupaten Kupang. 2. Pembagian 5000 kuntum bunga di jalan-jalan protokoler dengan melibatkan Badan Pemberdayaan Perempuan provinsi NTT dan LSM Lokal (Rumah perempuan, Lopo Belajar Bersama dan Organisasi Mahasiswa). 3. Diskusi kampung di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten kupang. Tema” Peranan Perempuan dalam Politik dan Pembacaan Deklarasi, dihadiri oleh 50 orang perwakilan dari Tokoh Masyarakat, Pemerintah Desa, Kelompok Perempuan dan Kader.  4. Diskusi Kampung di Keluarahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, dihadiri oleh 30 orang perwakilan dari kelompok perempuan tani, kader, petani, Auditor Komunitas dan diakhiri dengan pembacaan Deklarasi. 5. Pembacaan Deklarasi di Posyandu Melati I, peserta 54 orang.  6. Pembacaan Deklarasi di Posyandu Fagura yang dihadiri oleh 60 orang.  7. Pembacaan deklarasi pada kegiatan penyuluhan bagi ibu menyusui di kelurahan.

Launching Indonesia Beragam di Surabaya
Kegiatan yang dikoordinatori oleh KPS2K dalam emeriahkan acara Indonesia Beragam adalah1. Aksi memperingati sepekan aksi pendidikan nasional dengan dihadiri oleh 30-50 orang dengan mewujudkan keberagaman dengan pendidikan dan memberikan kaos Indonesia Beragama. 2. Talk show radio RRI Surabaya. 3. Membacakan deklarasi agenda politik perempuan. 4. Diskusi public UU Desa dengan membagikan buku agenda politik perempuan.  Juga kampanye public di Desa Kesamben Kulon bersamaan dengan Sekolah Perempuan untuk mewujudkan kepemimpinan perempuan.

Launching Indonesia Beragam di Manado

Kegiata Indonesia di Manado yang diinisiasi oleh Suara Parangpuan Manado dilakukan pada tanggal 7 Maret 2014, dengan mengadakan kegiatan  jalan sehat bersama caleg perempuan.  Kegiatan ini bekerjasama dengan KPU Manado dan Provinsi Sulut untuk melakukan promosi tentang caleg perempuan. Acara ini dihadiri oleh 1000 orang.  Selain itu Pilar Perempuan juga melakukan diskusi pendidikan politik dengan membacakan 10 agenda politik perempuan dan dengan isu pendidikan, kesehatan dan keberagaman, dihadiri oleh 40 orang, bersama komunitas perempuan miskin kota, LGBT dan Mahasiswa.

No comments:

Post a Comment